MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH MELALUI PEMENUHAN INDIKATOR STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
(Berbais Total Quality Management (TQM) Dengan Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD)
Kata Kunci:
Kualitas PAUD, PAUD, TQM, BAN PAUDAbstrak
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan anak biasanya disebut dengan masa golden age. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan PAUD yang berkualitas untuk memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sekolah PAUD melalui pemenuhan indikator standar pengelolaan PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa indikator penilaian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berbasis Total Quality Management (TQM) dan Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi literasi. Data dikumpulkan melalui sumber informasi buku maupun jurnal penelitian lain yang serupa dan teori mendalam dari para ahli PAUD, guru PAUD, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator penilaian PAUD yang berbasis TQM dan BAN PAUD dapat digabungkan prinsip-prinsip TQM dan standar BAN PAUD guna mendapatkan indikator penilaian yang menyeluruh terhadap semua komponen pendidikan, tidak hanya penialain administrative juga penilain yang bersifat social, hubungan kemasyarakatan dan kenyamanan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemenuhan Indikator standar pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat baik dalam meningkatkan mutu sekolah. Indikator yang dikembangkan meliputi; Kepemimpinan dan komitmen (Visi, misi, dan komitmen terhadap kualitas PAUD), Fokus pada pelanggan (Kepuasan orang tua dan anak terhadap layanan PAUD), Pengukuran dan analisis data (Pengukuran dan analisis data tentang kinerja PAUD), Peningkatan berkelanjutan (Upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas PAUD), Standar isi (Kurikulum PAUD yang sesuai dengan standar nasional), Standar proses (Pembelajaran di PAUD yang efektif dan efisien), Standar kelulusan (Lulusan PAUD yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan standar nasional). Standar sarana dan prasarana (Sarana dan prasarana PAUD yang memadai dan memenuhi standar nasional). Standar pengelolaan (Pengelolaan PAUD yang baik dan akuntabel), Standar pembiayaan dan Standar penilaian pendidikan. Indikator ini diharapkan dapat membantu untuk; Meningkatkan kualitas PAUD di Indonesia, dan Memberikan informasi kepada orang tua tentang kualitas PAUD, dan Membantu pemerintah untuk membuat kebijakan yang tepat untuk PAUD. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem penilaian PAUD di Indonesia.