PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP COSTUMER STATISFACTION, SERTA DAMPAKNYA TERHADAP COSTUMER LOYALTY (STUDI KASUS RNJ MOTORSPORT)

Penulis

  • Jon Hendra Saputra Chandra Universitas Bakrie

Kata Kunci:

Costumer Statisfaction, Preceived Value, Costumer Statisfaction

Abstrak

Meningkatnya keinginan masyarakat terhadap minat motor besar menjadikan peluang bisnis untuk membuka usaha showroom motor besar bagi pelaku bisnis otomotif. Salah satu pelaku bisnis yang ikut bersaing yaitu Showroom R&J Motorsport. Showroom R&J Motorsport hadir  dan menjadi  salah satu pioneer showroom motor besar  terkemuka saat ini, R&J Motorsport menjual motor besar fullpaper berbagai merk terkenal di dunia antara lain ada Harley Davidson, BMW, Ducati, Triumph, MV agusta, Suzuki, Honda, Kawasaki dan Honda dsb. Loyalitas pelanggan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena  memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, salah satunya memberi dampak yang signifikan terhadap keuntungan perusahaan, dimana pelanggan yang loyal memiliki kemungkinan akan melakukan pembelian berulang terhadap produk yang sama dan ditempat yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Service Quality  dan Preceived Value terhadap Costumer Statisfaction  serta dampaknya terhadap Costumer Loyalty. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang disajikan dalam penelitian ini yaitu diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 51 responden. Analisis statistik menggunakan metode SEM PLS untuk dilakukan pengujian model dan hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Service quality  berpengaruh positif signifikan terhadap costumer statisfaction, Preceived value  berpengaruh positif signifikan terhadap Costumer Statisfaction. Costumer Statisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap Costumer Loyalty. Service Quality  berpengaruh positif signifikan terhadap Costumer Loyalty melalui Costumer Statisfaction.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29