STRATEGI MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN DI BENGKEL SEPEDA TENDA BIRU
Kata Kunci:
Strategi, Brand Awareness, Persaingan, Tenda BiruAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu kurangnya pendefinisian nilai-nilai perusahaan dan kesulitan dalam mengkomunikasikan nilai produk dan layanan akibat banyaknya ragam layanan yang ditawarkan, khususnya dalam kustomisasi sepeda. Tujuan penelitian ini meningkatkan brand awareness agar dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bengkel Sepeda Tenda Biru. Dengan meningkatkan kesadaran merek, bengkel sepeda Tenda Biru dapat meningkatkan kesempatan untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan penjualan. Selain itu, meningkatkan brand awareness juga dapat membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh bengkel, serta meningkatkan kesadaran merek yang positif di kalangan konsumen. Solusi yang diberikan menciptakan konten pemasaran yang menarik dan menghadirkan iklan terencana di berbagai platform digital. Hasil penelitian memperluas cakupan media sosial menjadi 1,4 juta akun, menambah 3 platform baru seperti Facebook, Tiktok, dan YouTube untuk melakukan kegiatan pemasaran konten. Siaran iklan memperoleh 56.000 tayangan, dan pendapatan perusahaan meningkat sebesar 317.317.000,00 rupiah dibandingkan dengan tahun lalu. tiga teratas Pertumbuhan bulanan sebesar 14,53%. Penelitian ini berhasil mendapatkan pengakuan besar dari penonton yang menontonnya. Peningkatan brand awareness merupakan strategi efektif untuk menghadapi persaingan di industri bengkel sepeda. Dengan menerapkan pemasaran digital, kegiatan komunitas, kerjasama dengan influencer, dan promosi yang tepat, Bengkel Sepeda Tenda Biru dapat meningkatkan visibilitas dan reputasinya di pasar. Implementasi strategi ini memerlukan komitmen dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan bahwa upaya yang dilakukan memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan keunggulan kompetitif.
defining company values and difficulties in communicating the value of products and services due to the large variety of services offered, especially in bicycle customization. The aim of this research is to increase brand awareness so that it can help increase brand awareness and increase consumer trust in the Tenda Biru bicycle repair shop. By increasing brand awareness, Tenda Biru bicycle repair shops can increase their chances of winning competition and increasing sales. Apart from that, increasing brand awareness can also help improve the quality of products and services provided by workshops, as well as increase positive brand awareness among consumers. The solutions provided create attractive marketing content and present planned advertising on various digital platforms. The research results expanded social media coverage to 1.4 million accounts, adding 3 new platforms such as Facebook, Tiktok and YouTube to carry out content marketing activities. The advertising broadcast received 56,000 impressions, and the company's revenue increased by 317,317,000.00 rupiah compared to last year. top three Monthly growth of 14.53%. This research succeeded in getting great recognition from the audience who watched it. Increasing brand awareness is an effective strategy to face competition in the bicycle repair industry. By implementing digital marketing, community activities, collaboration with influencers, and appropriate promotions, Tenda Biru Bicycle Workshop can increase its visibility and reputation in the market. Implementation of this strategy requires ongoing commitment and evaluation to ensure that the efforts made provide optimal results in increasing competitive advantage.