PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ACIAK MART CABANG RAWANG PADANG
Kata Kunci:
Lokasi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Kepuasan KonsumenAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Aciak Mart Cabang Rawang. Analisis data menggunakan kuesioner, dengan sampel 76 responden. Alat analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah Struktural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil diatas terlihat nilai R-Square variabel keputusan pembelian sebesar 0,809 atau sebesar 80,9%, maka kontribusi variabel lokasi, kualitas produk dan kepuasam konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 80,9% sisanya 19,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti citra merek, promosi dan kualitas pelayanan.Nilai R-Square variabel kepuasan konsumen sebesar 0,656 atau sebesar 65,6%, maka kontribusi variabel lokasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 65,5% sisanya 34,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti citra merek, promosi dan kualitas pelayanan.
The purpose of this research is to find out how much influence location and product quality have on purchasing decisions with consumer satisfaction as an intervening variable at Aciak Mart Rawang Branch. Data analysis used a questionnaire, with a sample of 76 respondents. The analytical tool used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) using the Partial Least Square (PLS) program. In the table above, it can be seen that the R-Square value of the purchasing decision variable is 0.809 or 80.9%, so the contribution of location variables, product quality and consumer satisfaction to purchasing decisions is 80.9%, the remaining 19.1% is influenced by other variables outside the research. These include brand image, promotion and service quality. The R-Square value of the consumer satisfaction variable is 0.656 or 65.6%, so the contribution of the location and product quality variables to consumer satisfaction is 65.5%, the remaining 34.5% is influenced by other variables. outside this research such as brand image, promotion and service quality.