PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BARU SWALAYAN SOLOK

Penulis

  • Adhe Vand Rusli Universitas Upi YPTK Padang
  • Syafwandi Universitas Upi YPTK Padang
  • Yulasmi Universitas Upi YPTK Padang

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga dan Kualitas Pelayan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Baru Swalayan Solok. Analisis data menggunakan kuesioner, dengan sampel 68 responden. Alat analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah Struktural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan, harga terhadap keputusan pembelian tidak berpengaruh signifikas, sedangkan kualitias pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen. Keputusan Pembelian sebesar 0,529 atau sebesar 52,9%, yang mengambarkan besarnya pengaruh yang diterimanya oleh konstruk Keputusan Pembelian dari konstruk Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Sisanya sebesar 45,3 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Sementara nilai R-Square untuk konstruk Kepuasan Konsumen sebesar 0,443 atau sebesar 44,3% menunjukkan besarnya pengaruh yang diberikan oleh konstruk Harga dan Kualitas Pelayanan dalam menjelaskan atau mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Sisanya sebesar 34,3%   dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan Manajemen Perusahaan dapat meningkatkan Keputusan Pembelian, dimana dalam penelitian ini variabel kepuasan pelanggan yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian pada Baru Swalayan Solok, maka disarankan untuk meningkatkan Kualitas pelayanan melalui peningkatan kinerja.

The purpose of this study was to determine how much influence Price and Service Quality have on Purchasing Decisions with Consumer Satisfaction as an Intervening Variable at Baru Swalayan Solok. Data analysis using a questionnaire, with a sample of 68 respondents. The analysis tool used in this study is Structural Equation Modeling (SEM) using the Partial Least Square (PLS) program. Based on the results of the study, it shows that Price has no significant effect on consumer satisfaction, while service quality has a significant effect, price on purchasing decisions does not have a significant effect, while service quality has no significant effect on consumer satisfaction, consumer satisfaction has a significant effect on purchasing decisions, price has no significant effect on purchasing decisions through consumer satisfaction, while service quality has a significant effect on purchasing decisions through consumer satisfaction. Purchasing Decisions of 0.529 or 52.9%, which illustrates the magnitude of the influence received by the Purchasing Decision construct from the Price, Service Quality and Consumer Satisfaction constructs. The remaining 45.3% is influenced by other variables outside this study. Meanwhile, the R-Square value for the Consumer Satisfaction construct of 0.443 or 44.3% indicates the magnitude of the influence given by the Price and Service Quality constructs in explaining or influencing Consumer Satisfaction. The remaining 34.3% is influenced by other variables outside this study. Based on the results of this study, it is expected that Company Management can improve Purchasing Decisions, where in this study the customer satisfaction variable has a dominant influence on purchasing decisions at Baru Swalayan Solok, so it is recommended to improve service quality through improved performance.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29