PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN PROGRAM GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENNING PADA PLATFORM E-COMMERCE TIKTOK SHOP (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTASUNGAI PENUH)

Penulis

  • Jessica Riri Frastica Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Yulasmi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jhon Veri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Kata Kunci:

Harga, Promosi, Program Gratis Ongkir, Kepercayaan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Tiktok Shop

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Harga, Promosi, dan Program Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabel Intervenning Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Pelanggan TiKTok Shop di Kota Sungai Penuh). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 5 variabel dengan variabel independen yaitu harga (X1),  promosi (X2), program gratis ongkir (X3), variabel dependen keputusan pembelian (Y), dan Variabel Intervenning Kepercayaan Pelanggan (Z). Populasi yang di teliti merupakan pelanggan TikTok Shop di Kota Sungai Penuh dengan jumlah sampel sebesar 100  responden, dengan karakteristik minimal berusia 18 tahun, sudah pernah belanja atau melakukan transaksi menggunakan Tiktok Shop, dan pernah menggunakan program gratis ongkir milik TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan teknik skala likert dengan dilakukan beberapa uji seperti Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji koefisien determinan / R square, dan Uji analisis jalur dalam pengujian hipotesis dilakukan Uji T dan Uji F dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa semua hipotesis diterima, Harga, Promosi dan Program Gratis Ongkir memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan Harga, Promosi dan Program Gratis Ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Harga, Promosi, dan Program Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabel Intervenning Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Pelanggan TiKTok Shop di Kota Sungai Penuh). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 5 variabel dengan variabel independen yaitu harga (X1),  promosi (X2), program gratis ongkir (X3), variabel dependen keputusan pembelian (Y), dan Variabel Intervenning Kepercayaan Pelanggan (Z). Populasi yang di teliti merupakan pelanggan TikTok Shop di Kota Sungai Penuh dengan jumlah sampel sebesar 100  responden, dengan karakteristik minimal berusia 18 tahun, sudah pernah belanja atau melakukan transaksi menggunakan Tiktok Shop, dan pernah menggunakan program gratis ongkir milik TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan teknik skala likert dengan dilakukan beberapa uji seperti Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji koefisien determinan / R square, dan Uji analisis jalur dalam pengujian hipotesis dilakukan Uji T dan Uji F dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa semua hipotesis diterima, Harga, Promosi dan Program Gratis Ongkir memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan Harga, Promosi dan Program Gratis Ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29