IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN SHIN CRAFT 19

Penulis

  • Nuril Ilyasa Ananti Sekolah Vokasi, IPB University
  • Mutiara Sani Simbolon Sekolah Vokasi, IPB University
  • Athaya Putri Indrani Sekolah Vokasi, IPB University
  • Winnie Febrianty Wibowo Sekolah Vokasi, IPB University
  • Mila Ambar Sari Sekolah Vokasi, IPB University
  • Khoirul Aziz Husyairi Sekolah Vokasi, IPB University

Kata Kunci:

Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan, Eco Print

Abstrak

Customer Relationship Management (CRM) memiliki peran penting terhadap berdirinya suatu usaha, yang membawa pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi customer relationship management untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk eco print. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas penerapan customer relationship management dapat berpengaruh terhadap keloyalitasan pelanggan Shincraft19. Berdasarkan studi kasus pada Shincraft19, Customer Relationship Management (CRM) memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan, mempererat hubungan pelanggan, meningkatkan penjualan yang efektif dan mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29