MANAJEMEN PENGELOLAAN DI PONDOK PESANTREN AHMAD FADHLAN

Penulis

  • Lolia Purnama Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Najwa Al Fachrani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mutiara Quraini Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Yolanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Iqbal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Manajemen Pengelolaan, Pondok Pesantren, Tahfidzul Qur'an, Pendidikan Islami, Santri Putri

Abstrak

Manajemen pengelolaan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Putri Ahmad Fadhlan mencerminkan upaya kolektif dalam menciptakan sistem pembelajaran dan kehidupan santri yang terarah dan terstruktur. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dilakukan secara terpadu dan teratur melalui pembagian tugas antara pimpinan, ustadzah, serta pengurus harian. Kegiatan harian santri diatur dengan jadwal yang ketat yang dimana diantaranya kegiatan menghafal, walaupun jadwal tersebut ketat namun tetap fleksibel, yang dimana memungkinkan terciptanya kedisiplinan dan kenyamanan dalam belajar. Pengawasan rutin dan evaluasi berkala juga menjadi bagian yang penting dalam menjaga kualitas pendidikan dan pembinaan karakter santri. Di sisi lain, tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan sumber daya manusia masih menjadi hambatan yang perlu ditangani secara bertahap. Meskipun demikian, sistem pengelolaan yang diterapkan menunjukkan arah yang positif dalam membentuk lingkungan pendidikan islami yang kondusif.

The management management at the Putri Ahmad Fadhlan Tahfidzul Qur'an Islamic Boarding School reflects collective efforts in creating a directed and structured learning system and student life. The planning, implementation, and evaluation process is carried out in an integrated and orderly manner through the division of tasks between leaders, ustadzah, and daily management. The daily activities of the students are regulated by a strict schedule which includes memorization activities, although the schedule is strict but still flexible, which allows the creation of discipline and comfort in learning. Routine supervision and periodic evaluation are also an important part of maintaining the quality of education and character development of students. On the other hand, challenges such as limited facilities and human resources are still obstacles that need to be addressed gradually. Nevertheless, the management system implemented shows a positive direction in forming a conducive Islamic education environment.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30