FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMILIKAN SEPEDA MOTOR DALAM RUMAH TANGGA DI KOTA TIMIKA
Kata Kunci:
Kepemilikan Sepeda Motor, Rumah Tangga, Faktor Sosial Ekonomi, Kota TimikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan sepeda motor dalam rumah tangga di Kota Timika. Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau, hemat bahan bakar, dan praktis digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuisioner kepada 30 responden yang merupakan kepala atau anggota rumah tangga di Kota Timika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti pendapatan rumah tangga, jumlah anggota keluarga, tujuan penggunaan sepeda motor, serta pertimbangan terhadap efisiensi bahan bakar dan harga merupakan faktor dominan yang mempengaruhi kepemilikan sepeda motor. Semakin tinggi pendapatan dan semakin besar jumlah anggota keluarga, semakin besar kemungkinan rumah tangga memiliki lebih dari satu unit sepeda motor. Selain itu, kebutuhan akan mobilitas untuk bekerja, mengantar anak sekolah, dan keperluan sehari-hari turut mendorong keputusan pembelian. Kesimpulannya, kepemilikan sepeda motor di Kota Timika dipengaruhi oleh kombinasi faktor sosial dan ekonomi rumah tangga, serta alasan fungsional dalam penggunaan kendaraan tersebut. Temuan ini dapat menjadi pertimbangan bagi pemerintah daerah dalam perencanaan transportasi dan infrastruktur yang berkelanjutan.
This study aims to identify the factors that influence motorcycle ownership among households in Timika City. Motorcycles are one of the most commonly used means of transportation due to their affordability, fuel efficiency, and practicality for daily activities. The research employed a quantitative approach using survey methods, distributing questionnaires to 30 respondents who are heads or members of households in Timika. The results indicate that factors such as household income, number of family members, intended use of the motorcycle, and considerations of fuel efficiency and price are the dominant determinants of motorcycle ownership. Higher income and larger family size tend to increase the likelihood of owning more than one motorcycle. Additionally, mobility needs for work, school transportation, and daily errands further drive purchasing decisions. In conclusion, motorcycle ownership in Timika is influenced by a combination of household socioeconomic factors and functional transportation needs. These findings can serve as valuable input for local government planning in sustainable transportation and infrastructure development.