ANALISIS PENGARUH INTENSITAS PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEMAMPUAN YUSABOUQUET DALAM MEMBANGUN JEJARING KONSUMEN DI ERA DIGITAL: STUDI PADA USAHA KREATIF DI INDONESIA

Penulis

  • Safitri Maya Sari Universitas Negeri Medan
  • Rifqa Khairunnisa Universitas Negeri Medan
  • Meli Adora Mahulae Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Media Sosial, Diferensiasi Produk, Jejaring Konsumen, UMKM Kreatif

Abstrak

Perubahan perilaku konsumen akibat transformasi digital mendorong pelaku bisnis untuk mengadaptasi strategi pemasarannya. Media sosial telah menjadi alat utama bagi bisnis dalam membangun komunikasi dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas promosi di media sosial dan diferensiasi produk terhadap kemampuan Yusabouquet dalam membangun jejaring konsumen sebagai salah satu bentuk keberhasilan relasi digital. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan aktif Yusabouquet di platform media sosial Instagram terlibat dalam studi ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup yang dikembangkan berdasarkan indikator dari masing-masing variabel. Validitas diuji menggunakan korelasi Pearson, dan reliabilitas diuji dengan Cronbach's Alpha. Teknik analisis data meliputi uji regresi linear berganda, uji t parsial, dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas promosi media sosial dan diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membangun jejaring konsumen. Dari dua variabel tersebut, diferensiasi produk memiliki pengaruh dominan. Hal ini menandakan bahwa dalam industri kreatif, karakteristik produk yang unik, fleksibel, dan inovatif menjadi kunci utama untuk membangun hubungan emosional dengan konsumen. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara strategi komunikasi digital dan keunggulan produk sebagai pendekatan komprehensif dalam meningkatkan daya saing dan loyalitas konsumen di era digital.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30