ANALISIS MINAT PELAKU USAHA KONVEKSI TERHADAP PENGGUNAAN TRANSAKSI NON TUNAI (E-MONEY) DI PASAR AUR KUNING BUKITTINGGI
Kata Kunci:
Minat, Pelaku Usaha Konveksi, Transaksi Non Tunai (E-Money)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana minat pelaku usaha konveksi terhadap penggunaan transaksi non tunai (e-money). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu mengambil data langsung ke tempat penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah terkumpul di analisis menggunakan teknik deskriptif, penyajian data dalam bentuk narasi, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa dari penelitian yang dilakukan terhadap 50 informan terdapat keinginan yang signifikan untuk menggunakan e-money di kalangan responden, meskipun pemahaman mengenai mekanisme penggunaannya masih terbatas. Sebanyak 37 informan menunjukkan ketertarikan terhadap e-money, terutama bagi mereka yang memiliki toko online. Namun, banyak yang masih jarang menggunakan e-money dalam transaksi sehari-hari, dengan 27 orang menyediakan opsi ini tetapi tidak memanfaatkannya secara maksimal. Di masa mendatang, 27 informan berencana untuk mencoba e-money seiring dengan perkembangan teknologi, meskipun 23 orang masih lebih memilih transaksi tunai. Selain itu, meski 40 informan menyatakan paham tentang e-money, ada 10 orang yang menganggapnya sama dengan m-banking. Terkait kepuasan, hanya 17 informan yang merasa puas dengan transaksi non-tunai, sementara 33 lainnya kurang puas karena biaya admin yang dikenakan. Terakhir, responden belum sepenuhnya merekomendasikan e-money kepada pengusaha konveksi lainnya. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman dan sosialisasi mengenai e-money untuk mendorong adopsi yang lebih luas di kalangan pelaku usaha.
This study aims to determine the interest of convection business actors in the use of non-cash transactions (e-money). This type of research uses qualitative research, namely taking data directly to the research location. Data collection is carried out by interview, observation, and documentation. After being collected, it is analyzed using descriptive techniques, presenting data in narrative form, data reduction, and drawing conclusions. From the results of the research conducted by the author, the author concluded that from the research conducted on 50 informants, there was a significant desire to use e-money among respondents, although understanding of the mechanism of its use was still limited. A total of 37 informants showed interest in e-money, especially for those who have online stores. However, many still rarely use e-money in daily transactions, with 27 people providing this option but not utilizing it optimally. In the future, 27 informants plan to try e-money along with technological developments, although 23 people still prefer cash transactions. In addition, although 40 informants stated that they understood e-money, there were 10 people who considered it the same as m-banking. Regarding satisfaction, only 17 informants were satisfied with non-cash transactions, while 33 others were less satisfied because of the admin fees charged. Finally, respondents have not fully recommended e-money to other garment entrepreneurs. This finding indicates the need for increased understanding and socialization of e-money to encourage wider adoption among business actors.