ANALISIS PENERAPAN MODEL ADKAR DALAM DIGITALISASI SISTEM INVENTORY PADA UMKM
Kata Kunci:
Model ADKAR, Sistem Inventory, UMKMAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus segera beralih ke teknologi untuk tetap kompetitif di era modern. Digitalisasi sistem inventory adalah bagian penting dari proses ini, dan memerlukan perubahan bukan hanya terkait teknis tetapi juga kesiapan individu dan organisasi. Penelitian ini menganalisis penerapan model ADKAR (Awareness, Desire, Knowledge, Ability, and Reinforcement) sebagai kerangka kerja manajemen perubahan untuk mendukung digitalisasi sistem inventaris UMKM. Penelitian ini menemukan berbagai masalah, seperti keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya literasi digital. Temuan menunjukkan bahwa model ADKAR terbukti relevan dan efektif sebagai strategi perubahan dalam upaya transformasi digital UMKM secara menyeluruh. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model ini secara bertahap dapat meningkatkan kesadaran, motivasi, dan kapasitas teknis, serta meningkatkan efisiensi pengelolaan inventaris. Selain itu, pendekatan ini juga memperkuat kesiapan UMKM untuk menghadapi tantangan digital di masa depan.
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) must quickly transition to technology to remain competitive in the modern era. Digitalization of inventory systems is an important part of this process, and requires changes not only related to technical but also individual and organizational readiness. This research analyzes the application of the ADKAR model (Awareness, Desire, Knowledge, Ability, and Reinforcement) as a change management framework to support the digitalization of MSME inventory systems. The research found various problems, such as limited resources, resistance to change, and lack of digital literacy. The findings show that the ADKAR model is relevant and effective as a change strategy in MSMEs' overall digital transformation efforts. The results show that gradual implementation of the model can increase awareness, motivation and technical capacity, and improve inventory management efficiency. In addition, this approach also strengthens MSMEs' readiness to face future digital challenges.