PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK KEUANGAN SYARIAH
Kata Kunci:
Minat Terhadap Produk Keuangan Islam, Literasi Keuangan Islam, Tinjauan Pustaka, Metodologi Kualitatif, Dan Ketertarikan Gen Z Terhadap Perbankan IslamAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana literasi keuangan Islam mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan produk keuangan Islam, khususnya di kalangan generasi Z. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur ilmiah, termasuk jurnal, publikasi, dan laporan terkait, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi studi literatur. Metode analisis isi dari hasil sebelumnya tentang kecenderungan perilaku keuangan masyarakat dan tingkat literasi keuangan digunakan untuk melakukan analisis.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa minat masyarakat dalam memilih produk keuangan berbasis Islam, terutama generasi Z, sangat dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan Islam mereka. Kecenderungan untuk memanfaatkan produk-produk ini meningkat seiring dengan pemahaman seseorang terhadap konsep-konsep keuangan Islam. Untuk meningkatkan inklusi keuangan Islam di Indonesia, terutama di kalangan penduduk yang lebih muda, penelitian ini menyarankan perluasan inisiatif sosialisasi dan instruksi literasi keuangan Islam.