PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK KEUANGAN SYARIAH

Penulis

  • Sherly Varadila Universitas Tidar
  • Azizah Khoerunnisa Universitas Tidar
  • Asna Zahra Faradis Universitas Tidar
  • Reghinna Putri Agieska Universitas Tidar
  • Wahyu Dewa Pujangga Universitas Tidar
  • Fatma Isnaeni Cahaya Maghfiroh Universitas Tidar

Kata Kunci:

Minat Terhadap Produk Keuangan Islam, Literasi Keuangan Islam, Tinjauan Pustaka, Metodologi Kualitatif, Dan Ketertarikan Gen Z Terhadap Perbankan Islam

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana literasi keuangan Islam mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan produk keuangan Islam, khususnya di kalangan generasi Z. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur ilmiah, termasuk jurnal, publikasi, dan laporan terkait, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi studi literatur. Metode analisis isi dari hasil sebelumnya tentang kecenderungan perilaku keuangan masyarakat dan tingkat literasi keuangan digunakan untuk melakukan analisis.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa minat masyarakat dalam memilih produk keuangan berbasis Islam, terutama generasi Z, sangat dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan Islam mereka. Kecenderungan untuk memanfaatkan produk-produk ini meningkat seiring dengan pemahaman seseorang terhadap konsep-konsep keuangan Islam. Untuk meningkatkan inklusi keuangan Islam di Indonesia, terutama di kalangan penduduk yang lebih muda, penelitian ini menyarankan perluasan inisiatif sosialisasi dan instruksi literasi keuangan Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28