ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BHARAKAT RELAXING DI KABUPATEN BENGKAYANG
Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Daya Saing, Media Sosial Dan PemasaranAbstrak
Bharakat Relaxing merupakan salah suatu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bengkayang yang menawarkan produk jasa pijat yang menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Bharakat Relaxing di Kota Bengkayang dalam rangka menarik perhatian konsumen untuk membeli produk jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap narasumber yang dipilih dengan kriteria tertentu yaitu konsumen dan dalam beberapa kali melakukan pemesanan Bharakat Relaxing. Hasil penelitian dapat menjadi acuan strategi bauran pemasaran 4P yang berdampak terhadap upaya memperkuat daya saing penjualan produk jasa Bharakat Relaxing. Media sosial seperti aplikasi whatsapp dan instagram menjadi sarana untuk pemasaran, karena konsumen cenderung lebih banyak menggunakan media sosal untuk melakukan pembelian dan pemesanan secara online oleh karena itu pemasaran yang dilakukan dapat efektif dan efisien. Pemasaran yang luas juga dapat menguji kelayakan produk untuk dirilis ke pasar yang lebih luas dan menjangkau relasi, konsumen yang lebih banyak.
Bharakat relaxing is one of the micro, small and medium enterprises (MSMEs) in Bengkayang district which offers massage services which are the main subject of this study. The aim of this study is to describe the marketing efforts carried out by Bharakat Relaxing in Bengkayang Regency in order to attract the attention of consumers to buy products. This research uses a descriptive qualitative research method with data collection techniques through observation and in-depth interviews And documentation of selected sources with certain criteria, namely consumers and those who have ordered Bharakat Relaxing several times. Social media such as WhatsApp and Instagram applications have become a means for marketing because consumers tend to use social media more to make purchases and orders Online therefore the marketing carried out can be effective and efficient Extensive marketing can also test the feasibility of the product to be released to a wider market and reach more relations and consumers.