ANALISIS PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM KEMUDAHAN PELAYANAN TRANSAKSI NASABAH (STUDI KASUS PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC KIJANG)
Kata Kunci:
Pegadaian, Pegadaian Digital Service (PDS), Transaksi, NasabahAbstrak
Pegadaian (Persero) merupakan lembaga keuangan non-bank yang berdasarkan hukum diperbolehkan untuk melakukan pembiayaan kredit atas dasar hukum gadai. PT. Pegadaian saat ini melakukan transformasi dalam dunia digital dengan menciptakan aplikasi berbasis web yang dinamakan “Pegadaian Digital Service (PDS)”. Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan layanan Pegadaian berbasis web untuk mempermudah pelayanan nasabah dalam bertransaksi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dalam mempermudah pelayanan transaksi nasabah. hasil penelitian ini menghasilkan bahwa penggunaan aplikasi Pegadaian digital mempermudah pelayanan nasabah dalam bertransaksi. Namun masih belum berjalan secara efektif sehingga harus lebih ditingkatkan.
Pegadaian (Persero) is a non-bank financial institution that is legally permitted to provide credit financing based on pawn law. PT. Pegadaian is currently transforming into the digital world by creating a web-based application called "Pegadaian Digital Service (PDS)". Pegadaian Digital Service (PDS) is a web-based Pegadaian service to facilitate customer service in transactions. This study uses a qualitative approach method with a descriptive method. The purpose of this study was to determine the use of the Pegadaian Digital Service (PDS) application in facilitating customer transaction services. The results of this study indicate that the use of the Pegadaian digital application facilitates customer service in transactions. However, it is still not running effectively so it must be further improved.