ANALISIS PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM KEMUDAHAN PELAYANAN TRANSAKSI NASABAH (STUDI KASUS PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC KIJANG)

Penulis

  • Rezky Noeraidelnitasya Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Rezky Noeraidelnitasya Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Hadli Lidya Rikayana Universitas Maritim Raja Ali Haji

Kata Kunci:

Pegadaian, Pegadaian Digital Service (PDS), Transaksi, Nasabah

Abstrak

Pegadaian (Persero) merupakan lembaga keuangan non-bank yang berdasarkan hukum diperbolehkan untuk melakukan pembiayaan  kredit  atas dasar  hukum  gadai.  PT. Pegadaian saat ini melakukan transformasi dalam dunia digital dengan  menciptakan  aplikasi  berbasis  web  yang  dinamakan “Pegadaian Digital Service (PDS)”. Pegadaian Digital Service (PDS)  merupakan  layanan  Pegadaian  berbasis  web  untuk mempermudah pelayanan  nasabah dalam bertransaksi. Penelitian   ini   menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  penggunaan  aplikasi  Pegadaian  Digital  Service (PDS)  dalam  mempermudah  pelayanan  transaksi  nasabah. hasil  penelitian  ini  menghasilkan  bahwa  penggunaan  aplikasi Pegadaian  digital  mempermudah  pelayanan  nasabah  dalam bertransaksi.  Namun  masih  belum  berjalan  secara  efektif sehingga harus lebih ditingkatkan.

Pegadaian (Persero) is a non-bank financial institution that is legally permitted to provide credit financing based on pawn law. PT. Pegadaian is currently transforming into the digital world by creating a web-based application called "Pegadaian Digital Service (PDS)". Pegadaian Digital Service (PDS) is a web-based Pegadaian service to facilitate customer service in transactions. This study uses a qualitative approach method with a descriptive method. The purpose of this study was to determine the use of the Pegadaian Digital Service (PDS) application in facilitating customer transaction services. The results of this study indicate that the use of the Pegadaian digital application facilitates customer service in transactions. However, it is still not running effectively so it must be further improved.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28