MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK

Penulis

  • Catur Putriyani UIN Raden Intan Lampung
  • Siti Patimah UIN Raden Intan Lampung

Kata Kunci:

Minat Baca, Manajemen Perpustakaan

Abstrak

Abstrak Membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, karena  keterampilan ini memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia, bahkan membaca merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan keberhasilan akademik seseorang. Namun pada faktanya sebagai salah satu negara berkembang, minat baca pada masyarakat Indonesia terbilang masih rendah. Berbicara mengenai membaca tenyata menurut laporan Bank Dunia No. 16369-IND dan studi IAEA (International Achievement Eduation Association) tahun 1992 di Asia Timur, tingkat terrendah membaca anak-anak dipegang oleh Indonesia dengan skor 51,7 dibawah Filipina (skor 52,6), Thailand (skor 65,1) dan beberapa negara lainnya. Jika dilihat dari data tersebut perlu adanya inisiatif dalam menumbuhkan minat baca pada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa, maka diperlukannya perpustakaan dalam setiap satuan pendidikan. Bukan hanya perpustakaan sekolah saja, dalam perpustakaan diperlukannya pengelolaan dari pihak manajemen perpustakaan yang dikelola baik oleh pustakawan  maupun guru sebagai pendidik demi menciptakan perpustakaan yang baik dan mampu menumbuhkan semangat dan minat baca siswa. Pada penulisan ini peneliti menggunakan penelitian library research atau penelitian kepustakaan.  Library Research  merupakan suatu metode yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data informasi dengan memfaatkan fasilitas yang ada diperpustakaan seperti buku-buku literatur yang mencakup pembahasan. manajemen sendiri merupakan suatu prosespengelolaan dan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya  untuk dapat mencapai tujuan organisasi/lembaga yang telah ditentukan dengan efektif dan  efisien.

Abstract − Reading is one of the most important language skills, because this skill has many functions in human life, in fact reading is one of the main factors in determining a person's academic success. However, in fact, as a developing country, interest in reading among Indonesian people is still relatively low. Talking about reading, according to World Bank report no. 16369-IND and the 1992 IAEA (International Achievement Education Association) study in East Asia, the lowest level of children's reading was held by Indonesia with a score of 51.7 below the Philippines (score 52.6), Thailand (score 65.1) and several other countries. If seen from these data, there is a need for initiatives to foster interest in reading among students as the nation's next generation, so libraries are needed in every educational unit. Not only school libraries, libraries require management from library management which is managed by both librarians and teachers as educators in order to create a good library that is able to foster students' enthusiasm and interest in reading. In this writing the researcher used library research or library research. Library Research is a method carried out with the aim of obtaining information data by utilizing existing facilities in the library such as literature books that include discussions. Management itself is a process of managing and utilizing human resources and other resources to achieve predetermined organizational/institutional goals effectively and efficiently.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31