PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MERK HONDA

Penulis

  • Teresia Palindangan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Petrus P Roreng Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Manuel A Todingbua Universitas Kristen Indonesia Paulus

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Produk dan Layanan

Abstrak

Transportasi merupakan salah satu penunjang dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat. Kebutuhan akan transportasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan cepat tanpa ada hambatan untuk menuju tempat yang akan diinginkan. Kendaraan roda dua atau sepeda motor menjadi pilihan yang paling diminati oleh semua orang. Dealer PT Nusantara Surya Sakti adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada penjualan sepeda motor yang ada di kota Sangat Kutai Timur. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui form kuesioner. Populasi seluruh konsumen yang berkunjung ke dealer, sampel yang dikumpulkan sebanyak 104 responden. Jawaban diberikan bobot dengan skala reting dan pengelolahan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 26. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel harga, kualitas produk dan layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Transportation is a vital part of everyday life. The need for transportation allows people to travel quickly and easily from one place to another without any obstacles. Motorcycles are the most popular choice. PT Nusantara Surya Sakti is a motorcycle dealership in Sangat, East Kutai. In this study, the researchers used a quantitative method, collecting data through a questionnaire. The population comprised all consumers visiting the dealership, with a sample size of 104 respondents. Responses were weighted using a rating scale and processed using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 26. In this study, the researchers used validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple correlation tests, coefficient of determination (R2) tests, multiple regression tests, f-tests, and t-tests. The results of the analysis and hypothesis testing concluded that price, product quality, and service significantly influence purchasing decisions.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30