PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA PAULUS

Penulis

  • Joan Gabriella Palebangan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Baharuddin Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Corvis L Rantererung Universitas Kristen Indonesia Paulus

Kata Kunci:

Literasi Kewirausahaan, Literasi Digital, Minat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi kewirausahaan dan literasi digital terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa angkatan 2023 dengan jumlah responden 64 mahasiswa dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel literasi kewirausahaan (X1) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Variabel literasi digital (X2) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara simultan, literasi kewirausahaan dan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai F-hitung sebesar 88,111 (p < 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 74,3%. Hal ini mengindikasikan bahwa kedua variabel independen tersebut mampu menjelaskan variabilitas minat berwirausaha mahasiswa sebesar 74,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi kewirausahaan dan literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus.

This study aims to examine the influence of entrepreneurial literacy and digital literacy on the entrepreneurial interest of students in the Management Study Program at the Faculty of Economics and Business, Universitas Kristen Indonesia Paulus. The type of data used in this study is quantitative data obtained from primary data through questionnaires distributed to the class of 2023 students, with a total of 64 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of the partial hypothesis test show that the entrepreneurial literacy variable (X1) with a significance value of 0.000 < 0.05 has a significant effect on entrepreneurial interest (Y). The digital literacy variable (X2) with a significance value of 0.000 < 0.05 also has a significant effect on entrepreneurial interest. Simultaneously, entrepreneurial literacy and digital literacy significantly affect entrepreneurial interest, with an F-count value of 88.111 (p < 0.05) and a coefficient of determination (R²) of 74.3%. This indicates that these two independent variables can explain 74.3% of the variability in students' entrepreneurial interest. Therefore, it can be concluded that entrepreneurial literacy and digital literacy have a positive and significant influence on the entrepreneurial interest of students in the Management Study Program at the Faculty of Economics and Business, Universitas Kristen Indonesia Paulus

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30