PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING TIKTOK DAN FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM ALYZA DI KEC. PLOSOKLATEN, KAB. KEDIR
Kata Kunci:
Umkm, Digital Marketing, Tiktok, Facebook, Penjualan, Peningkatan PendapatanAbstrak
Persaingan yang ketat di era digital dan dalam industri bisnis semakin ketat. UMKM perlu bersaing dengan bisnis lain yang sudah menggunakan strategi pemasaran digital. Jika UMKM tidak mampu beradaptasi dengan perubahan ini, mereka berisiko tertinggal dan mengalami penurunan pendapatan karena perubahan pola konsumsi pada saat ini. Kurangnya pemahaman tentang platform digital serta teknik-teknik pemasaran yang efektif dapat menghambat peningkatan pendapatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan Tiktok dan Facebook dalam meningkatkan pendapatan UMKM Alyza, mengetahui keefektifan media sosial Tiktok dan Facebook sebagai media promosi kepada calon konsumen. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif dicirikan oleh peneliti yang mencoba memahami fenomena dengan cara yang tidak memungkinkan pengukuran gejala-gejala tersebut secara akurat (Yusanto 2020). Dalam pemanfaatannya, TikTok dan Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. TikTok unggul dalam kemampuan menghasilkan konten viral berkat algoritma perekomendasiannya, namun durasi video yang singkat dan persaingan konten yang tinggi menjadi kelemahannya. Di sisi lain, Facebook memiliki fitur yang lengkap untuk berinteraksi dengan pelanggan. UMKM dapat terus melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk meningkatkan daya saing usaha, serta mememperluas jangkauan pasar dengan tetap memanfaatkan platform digital.
Tight competition in the digital era and in the business industry is getting tougher. MSMEs need to compete with other businesses that are already using digital marketing strategies. If MSMEs are unable to adapt to these changes, they risk being left behind and experiencing a decline in income due to changes in current consumption patterns. Lack of understanding of digital platforms and effective marketing techniques can hinder the increase in revenue. The aim of this research is to determine the benefits of using Tiktok and Facebook in increasing the income of Alyza MSMEs, to determine the effectiveness of Tiktok and Facebook social media as promotional media to potential consumers. This type of research uses a descriptive method with a qualitative approach. Qualitative methods are characterized by researchers who try to understand phenomena in a way that does not allow for accurate measurement of these symptoms (Yusanto 2020). In their use, TikTok and Facebook have their respective advantages and disadvantages. TikTok excels in its ability to produce viral content thanks to its recommendation algorithm, but short video duration and high content competition are its weaknesses. On the other hand, Facebook has complete features for interacting with customers. MSMEs can continue to innovate and develop products to increase business competitiveness, as well as expand market reach while still utilizing digital platforms.