PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK JASA WEEDING ORGANIZER DI KOTA PAYAKUMBUH

Penulis

  • Syuryatman Desri Universitas Andalas
  • Zeni Nur Zikra Universitas Andalas
  • Muhammad Fajar Aqla Maulana Universitas Andalas
  • Ahmad Fikri Universitas Andalas

Kata Kunci:

Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Pada masa globalisasi ini banyaknya merek dan produk yang beredar di pasaran, terjadilah persaingan yang ketat di kalangan pelaku bisnis untuk memuaskan klien dengan penawarannya, apapun merek atau produk yang dipasarkannya. Layanan Wedding Organizer (WO) dirancang untuk membantu pasangan dan keluarga dalam setiap langkah proses perencanaan, hingga sesi pelaksanaan. Beberapa variabel yang kerap dianalisa untuk mengukur pengaruhnya pada kepuasan konsumen adalah variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan. Jenis Penelitian disini memakai jenis penelitian kuantitatif dengan data primer melalui penyebaran kuesioner .adapun populasi yaitu seluruh jumlah konsumen yang menggunakan jasa wedding organaizer di Kota Payakumbuh. Dalam penelitian ini memakai metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakani dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitasi, uji asumsi klasik (uji normalitasi, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitasi, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (r2 ), pengujian hipotesis (uji parsial). Berdasarkan dari perolehan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa masing – masing variabel harga tidak mempunyai pengaruh postif yang signifikan terhadap kepuasn konsumen yang menggunakan wedding organizer, dan untuk variabel promosi dan kualitan pelayanan memilliki pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna wedding organizer.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31