PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA AKL DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Siswa, Akuntansi Keuangan Dan LembagaAbstrak
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK Kristen 1 Surakarta secara statistik. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X, XI, dan XII jurusan AKL sebanyak 31 siswa yang diambil secara sensus. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar (nilai signifikansi 0,000 < 0,05) dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 42,5%. Model regresi yang diperoleh adalah Y = 63,594 + 0,660X, yang mengindikasikan bahwa peningkatan kecerdasan emosional berkontribusi pada peningkatan kemandirian belajar siswa.
This study aims to examine the effect of emotional intelligence on the self-directed learning of students majoring in Financial Accounting and Institutions (AKL) at SMK Kristen 1 Surakarta statistically. This research uses a quantitative design with a population of all students in grades X, XI, and XII majoring in AKL, totaling 31 students selected by census sampling. Data were collected through questionnaires and analyzed using simple linear regression with the assistance of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 25.0. The results indicate a significant influence of emotional intelligence on learning independence (significance value 0.000 < 0.05) with a coefficient of determination (R²) of 42.5%. The obtained regression model is Y = 63.594 + 0.660X, indicating that an increase in emotional intelligence contributes to an increase in students' learning independence.