PENGARUH DIGITAL INFLUENCER, DAN KETERLIBATAN PELANGGAN, TERHADAP MINAT BELI
Kata Kunci:
Interaksi parasosial influencer, keahlian influencer, kepercayaan influencer, keterlibatan pelanggan, minat beliAbstrak
Meningkatnya penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap rekomendasi dan pengalaman konsumen. Oleh sebab itu, dengan munculnya digital influencer sebagai opinion leadership, dapat menjadi sumber saran dan rekomendasi yang sangat relevan bagi para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh peran digital influencer dan keterlibatan pelanggan terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang mengikuti Fuji di akun media sosialnya yang berdomisili di Jakarta dan Bekasi. Responden penelitian ini berjumlah 130 dengan kriteria laki-laki atau perempuan, berusia 18-40 tahun yang mengikuti fuji pada akun media sosialnya. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM- PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas konten influencer, interaksi parasosial influencer, keterlibatan pelanggan dapat meningkatkan minat beli. Kualitas konten influencer, interaksi parasosial influencer, serta keterlibatan pelanggan, berpengaruh terhadap minat beli. Kemudian kualitas konten influencer memediasi hubungan antara kepercayaan dan minat beli. Selain itu, keahlian influencer, kesamaan influencer, tidak berpengaruh terhadap minat beli. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperluas jangkauan wilayah dan menambah variabel yang berkaitan dengan digital influencer misalnya seperti daya tarik influencer (influencer attractiveness).