PENGARUH KEPUASAN MEREK, KETERIKATAN EMOSIONAL MEREK, CINTA MEREK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS MEREK

Penulis

  • Nanda Pratiwi Universitas Esa Unggul
  • Puspita Chairun Nisa Universitas Esa Unggul

Kata Kunci:

Cinta Merek, Kepuasan Merek, Keterikatan Emosional Merek, Loyalitas Merek, Word of Mouth

Abstrak

Abstrak Studi ini berguna bagi organisasi bisnis khususnya perusahaan smartphone merek Samsung dalam memahami perilaku dan preferensi konsumen, yang kemudian dapat digunakan untuk memformulasikan strategi pemasaran yang menargetkan peningkatan kesetiaan akan suatu merek.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana terbentuknya loyalitas merek pada pengguna Smartphone Samsung. Faktor – faktor lebih lanjut dapat dilihat pada variabel kepuasan merek dengan loyalitas merek. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang disebarkan melalui kuesioner kepada 130 responden pengguna smartphone Samsung keriteria laki - laki dan perumpuan berusia 18 – 50 tahun berada di wilayah Jakarta dan Bekasi. Analisis data primer dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM- PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan memiliki pengaruh langsung paling besar terhadap kepuasan merek, keterikatan emosional merek terhadap loyalitas merek. Kemudian, kepuasan merek memberikan pengaruh tidak langsung paling besar terhadap hubungan keterikatan emosional merek terhadap Loyalitas merek. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada perusahaan untuk lebih fokus kepada loyalitas smartphone merek Samsung dan kepuasan merek. Hasil penelitian ini menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk mediasi cinta merek dengan kepuasan merek terhadap loyalitas merek, memperpanjang durasi penelitian, melakukan pengisian kuesioner secara parsial dan melakukan perluasan wilayah penelitian.

Abstract − This study is useful for business organizations, especially Samsung smartphone brand companies in understanding consumer behavior and preferences, which can then be used to formulate marketing strategies that offer increased loyalty to a brand. The purpose of this research is to find out how brand loyalty is formed among Samsung smartphone users. Further factors can be seen in the variable brand satisfaction with brand loyalty. This type of research used quantitative with a purposive sampling technique which was distributed through questionnaires to 130 respondents using Samsung smartphones with the criteria of being male and housing aged 18- 50 years living in the Jakarta and Bekasi areas. Primary data analysis was performed using the Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) method. The results of this study indicate that there is the greatest direct influence on brand satisfaction, brand emotional attachment to brand loyalty. Then, the brand has the greatest indirect influence on the satisfaction of the brand's emotional attachment to brand loyalty. This research contributes to companies to focus more on Samsung smartphone brand loyalty and brand satisfaction. The results of this study suggest to the next researcher to mediate brand love with brand satisfaction on brand loyalty, extend the duration of the study, fill in the questionnaire partially and expand the research area.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31