PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SMPN 1 X KOTO DIATAS DAN SMPN 3 X KOTO SINGKARAK
Kata Kunci:
Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai, Disiplin, PegawaiAbstrak
Pengelolaan sumber daya manusia merupakan hal yang penting dalam organisasi sekolah karena sekolah yang bermutu tergantung dengan sumber daya manusia sebagai agent of change di sekolah. Tenaga pendidik yang profesional mempunyai empat kompetensi yaitu meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi (UU RI No. 14 Tahun 2005 pasal 10 butir 1). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan pegawai di SMPN 1 X Koto dan SMPN 3 X Koto yang masih belum efektif yang disebabkan oleh lingkungan kerja, pengembangan pegawai dan disiplin kerja. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan beberapa variabel independent yaitu lingkungan kerja (X1), dan pengembangan pegawai (X2), variabel dependent yaitu kinerja pegawai (Y) dan Variabel intervening dalam penelitian ini adalah disipin kerja (Z). Penelitian ini dilaksanakan pada SMPN 1 X Koto Diatas dan SMPN 3 X Koto Singkarak. Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dan pengembangan pegawai terhadap disiplin kerja di SMPN 3 X Koto Singkarak dan SMPN 1 X Koto Diatas. Selain itu, ditemukan pula bahwa lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Namun, hasil menunjukkan adanya pengaruh negatif dan tidak signifikan antara motivasi terhadap kinerja karyawan, serta antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di kedua sekolah tersebut. Lebih lanjut, penelitian ini mencatat bahwa disiplin kerja tidak berperan sebagai mediator antara disiplin kerja dan kinerja karyawan, serta antara pengembangan pegawai dan kinerja karyawan di kedua sekolah tersebut. Temuan ini memberikan wawasan penting terkait faktor-faktor yang memengaruhi disiplin kerja dan kinerja karyawan di konteks pendidikan menengah.