PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KOTA PAYAKUMBUHPENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGA
Kata Kunci:
Pelatihan, Pengembangan karir, Prestasi kerja, Motivasi kerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan pengembangan karir terhadap prestasi kerja dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening pada kantor dinas pendidikan Kota Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sebanyak 67 orang, dengan menggunakan teknik sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (2) Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (3) Pelatihan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi kerja, (4) Pengembangan karir berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi kerja, (5) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja, (6) Pelatihan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi kerja melalui motivasi kerja, (7) Pengembangan karir berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi kerja melalui motivasi kerja.
This research aims to determine the effect of training and career development on work performance with work motivation as an intervening variable at education office in Payakumbuh City. This research is quantitative research. The sample in this study was all 67 employees at Education Office in Payakumbuh City, using a total sampling technique. Data collection was carried out using a questionnaire. The analytical tool used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) using the partial least squares (PLS) program. The research results show that: (1) Training has a positive and significant effect on work motivation, (2) Career development has a positive and significant effect on work motivation, (3) Training has a positive and insignificant effect on work performance, (4) Career development has a positive effect and not significant on work performance, (5) Work motivation has a positive and significant effect on work performance, (6) Training has a positive and not significant effect on work performance through work motivation, (7) Career development has a positive and not significant effect on work performance through work motivation.