ANALISIS TINGKAT PERKEMBANGAN BISNIS RETAIL DAN UMKM TERHADAP IKLIM PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Penulis

  • Ary Dean Amry Universitas Jambi
  • Maulana Farhan Universitas Jambi

Kata Kunci:

Bisnis Retail, UMKM, Pertumbuhan ekonomi

Abstrak

Retail adalah istilah umum dalam ekonomi dan perdagangan. Istilah retail biasanya digunakan untuk retailer atau penjualan eceran. Retail adalah penjualan barang dalam jumlah kecil kepada konsumen akhir. Dengan kata lain, retail terkait atau melibatkan penjualan eceran barang. Secara sederhana, retail adalah ketika bisnis menjual produk atau layanan kepada konsumen untuk digunakan atau dikonsumsi sendiri. Tujuan penelitian ini yang ingin dicapai yaitu Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimna pengaruh Perkembangan bisnis retail terhadap Pertumbuhan Ekonomi di indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dilakukan secara time series dari 2011 hingga 2022. Dari data yang di peroleh 59% indeks Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh tingkat UMKM. Menunjukkan bahwa perkembangan bisnis retail tidak berpengaruh terhadap kurangnya pertumbuhan ekonomi, Karena ketika tingkat pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 1%, tingkat perkembangan bisnis retail turun sebesar 1,55, yang tentunya berdampak sangat positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31