ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ARRUM BPKB DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI PT. PEGADAIAN SYARIAH UPS MANGGIS BUKITTINGGI

Penulis

  • Masyatul Istighfarah UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Amsah Hendri Doni UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Staregi Pemasaran, Arrum BPKB

Abstrak

Arrum BPKB ialah pembiayaan yang diberikan kepada UMKM dalam rangka memudahkan akses pengusaha terhadap uang tunai untuk pendirian usaha mikro, sekaligus memerlukan agunan berupa mobil pelanggan agar dapat memperoleh uang pendanaan. Tujuan penelitian ini adalah guna meneliti dan mengevaluasi metode untuk meningkatkan minat klien di Arrum BPKB UPS Manggis Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif menggunakan analisis SWOT. Sumber data yang digunakan yakni data primer yang dilakukan wawancara langsung dengan karyawan Pegadaian Syariah UPS Manggis Bukittinggi dan nasabah sebanyak delapan orang, data sekunder berupa jumlah nasabah dan karyawan Pegadaian Syariah UPS Manggis Bukittinggi serta dokumen lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memasarkan produk arrum bpkb. Pegadaian Syariah UPS Manggis Bukittinggi mempertahankan kekuatan dan memanfaatkan prospek saat ini untuk mencapai rencana pemasaran produk dengan meningkatkan taktik pemasaran produk Arrum BPKB melalui media sosial dan mengikuti perkembangan teknis, menggiatkan promosi mengenai produk arrum bpkb melalui even yang ada di kalangan masyarakay, memperkuat persepsi masyarakat terhadap brand image dengan menunjukkan bahwa produk pembiayaan yang disediakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, memperkenalkan inovasi baru untuk meningkatkan visibilitas produk Arrum BPKB kepada klien atau calon klien.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30