PERANCANGAN ULANG TATA LETAK TOKO KUMAR DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC) DAN TOTAL CLOSENESS RATING (TCR)
Kata Kunci:
Ritel, Tata letak, ARC, TCRAbstrak
Bisnis ritel memiliki peran penting sebagai saluran distribusi akhir dalam proses pemenuhan kebutuhan konsumen. Tata letak atau (layout) pada suatu toko ritel menjadi penting agar konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang dibutuhkannya. Toko Kumar merupakan salah satu industri retail yang menyediakan berbagai produk kebutuhan hidup seperti makanan, minuman, dan kebutuhan pokok lainnya. Dilihat dari tata letak toko, pengaturan tata letak toko Kumar terlihat tidak teratur dan belum sesuai. Analisa perancangan tata letak (layout) bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan yang terjadi di dalam toko dan meningkatkan efisiensi tata letak produk dan fasilitas. Melalui pendekatan Activity Relationship Chart (ARC) dan perhitungan Total Closeness Rating (TCR). Hasil TCR menunjukkan kasir memiliki nilai tertinggi dengan nilai TCR 268 yang menunjukkan bahwa fasilitas tersebut memiliki tingkat kepentingan (prioritas) yang tinggi dibandingkan fasilitas lainnya sehingga tata letak usulan untuk kasir merupakan solusi yang dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi di toko Kumar.