PENGARUH HARGA TIKET DAN PERSONAL BRANDING ARTIS TERHADAP KEPUTUSAN MENONTON KONSER DEEP PURPLE WORLD TOUR 2023

Penulis

  • Minarti Pusparani Sinaga Politeknik Negeri Medan

Kata Kunci:

Harga, Personal branding, Keputusan menonton, Price, Watching decisions

Abstrak

Abstrak Deep Purple merupakan band rock asal Inggris yang menambahkan Indonesia sebagai salah satu negara yang masuk dalam tur konsernya di tahun 2023. Beberapa faktor yang menjadi alasan penonton memutuskan menonton suatu konser, diantaranya adalah harga tiket dan personal branding artis. Harga adalah suatu kemudahan yang tersedia guna mencapai keputusan pembelian. Personal branding adalah merek ‘diri’ di benak semua orang yang dikenal .Tiket yang terjual tidak sesuai dengan kuota yang tersedia menjadi fenomena dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga tiket dan personal branding artis terhadap keputusan menonton konser Deep Purple World Tour 2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah pembeli tiket konser Deep Puprle di kota Solo, Indonesia tahun 2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang pembeli tiket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan disebarkan melalui menghubungi kembali pembeli tiket konser. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tiket dan personal branding artis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton konser Deep Purple 2023. Secara simultan menunjukkan bahwa harga tiket dan personal branding artis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton konser. Harga memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan menonton konser dan personal branding memiliki pengaruh paling kecil terhadap keputusan menonton  konser Deep Purple World Tour 2023. Variabel Harga dan Personal branding mampu menjelaskan pengaruh terhadap Keputusan menonton konser Deep Purple World Tour 2023 cukup kuat dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,541 atau 54,1%, sisanya yaitu 45,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain.

Abstract Deep Purple is a British rock band that added Indonesia as one of the countries included in its concert tour in 2023. Several factors are the reason why the audience decides to watch a concert, including ticket prices and personal branding of the artist. Price is a convenience available to achieve a purchase decision. Personal branding is the brand of 'self’' in the minds of everyone known. Tickets sold not according to the available quota are a phenomenon in this study. The study aims to determine the effect of ticket prices and artist personal branding on the decision to watch the Deep Purple World Tour 2023 concert. This research was conducted using a quantitative approach. The object of research is Deep Puprle concert ticket buyers in Solo, Indonesia in 2023. The sample in this study amounted to 98 ticket buyers. Data collection was carried out using a questionnaire and distributed through contacting back concert ticket buyers. The data analysis used is validity test, reliability test, classical assumption test, influence test and hypothesis testing. The results showed that ticket prices and artist personal branding partially had a positive and significant effect on the decision to watch the Deep Purple 2023 concert. Simultaneously, it shows that ticket prices and artist personal branding have a positive and significant effect on concert viewing decisions. Price has the most dominant influence on the decision to watch a concert and personal branding has the least influence on the decision to watch the Deep Purple World Tour 2023 concert. Price and personal branding variables are able to explain the effect on the decision to watch the Deep Purple World Tour 2023 concert quite strongly with an Adjusted R Square value of 0.541 or 54.1%, the remaining 45.9% is explained by other variables.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31