STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN OBAT PADA APOTEK SEHAT KOTA GUNUNGSITOLI YANG DI PRODUKSI OLEH PT. KALBE FARMA Tbk

Penulis

  • Friska Angela Waruwu Universitas Nias
  • Emanuel Zebua Universitas Nias

Kata Kunci:

Strategi Marketing mix 7P, Meningkatkan Penjualan

Abstrak

Perkembangan usaha yang menuntut setiap pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi marketing mix agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar. Banyak yang berpendapat bahwa pemasaran seharusnya memegang peranan penting dalam penetapan arah konsep dan strategi suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi marketing mix dalam upaya meningkatkan penjualan obat pada Apotek Sehat Kota Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian Apotek Sehat Kota Gunungsitoli. Sumber data diambil dari dokumentasi, hasil wawancara dan hasil observasi. Dalam penelitian ini, wawancara dengan berbagai pertanyaan tentang topik penelitian dilakukan secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Apotek Sehat Kota Gunungsitoli telah menerapkan strategi marketing mix 7P dalam usahanya yang telah di jalankan namun masih belum optimal/kurang dan itu membuat mengalami penurunan penjualan disebabkan kurangnya promosi dan persaingan semakin ketat oleh sebab itu dengan penerapan strategi marketing mix mampu meningkatkan volume penjualan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30