PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, KOMPETENSI GURU, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI SMK SWASTA BINAGUNA TANAH JAWA
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Kompetensi, Lingkungan Sekolah, Prestasi Siswa, Learning Media, Competencies, School Environment, Student AchievemenAbstrak
Abstrak − Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran, Kompetensi Guru, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Siswa Kelas XI SMK Swasta Binaguna Tanah Jawa. Jenis Penelitian deskriptif kuantitatif dengan rumus analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 83 orang dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi dan variabel-variabel yang diteliti menggunakan skala likert. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji dengan menggunakan SPSS 21. Hasil pengolahan data bahwa Persamaan regresi berganda Y = 7,323+ 0,234X1+ 0,791X2+ 0,094X3+ e. Nilai thitung Media Pembelajaran sebesar (3,405 > 1,664) Jika dilihat dari nilai signifikansi (0,001< 0.05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran secara parsial terhadap prestasi siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima atau dapat dinyatakan H0 ditolak. Nilai thitung (11,662 > 1,664) Jika dilihat dari nilai signifikansi (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi guru secara parsial terhadap prestasi siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima atau dapat dinyatakan H0 ditolak. Nilai thitung> ttabel (1,917> 1,664) jika dilihat dari nilai signifikansi (0,059> 0,05) artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah secara parsial terhadap prestasi siswa. Koefisien determinasi sebesar sebesar 0,751 % atau besarnya pengaruh secara bersama-sama media pembelajaran (X1) dan kompetensi guru (X2), dan lingkungan sekolah (X3) terhadap Y sebesar 75,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti fasilitas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, kompetensi guru dan variabel lainnya.
Abstract − This research aims to determine the influence of learning media, teacher competency and school environment on the achievement of class Type of quantitative descriptive research with multiple linear regression analysis formula. The population in this study was 83 people as samples. Data was collected using interviews, questionnaires and documentation studies and the variables studied used a Likert scale. The list of questions was first tested using SPSS 21.The results of data processing show that the multiple regression equation Y = 7.323+ 0.234X1+ 0.791X2+ 0.094X3+ e. The t-count value of Learning Media is (3.405> 1.664). If seen from the significance value (0.001 < 0.05), it means that there is a significant partial influence of learning media on student achievement. So it can be concluded that the proposed hypothesis can be accepted or it can be stated that H0 is rejected. The t value is (11.662 > 1.664) If seen from the significance value (0.000 < 0.05) means that there is a significant partial influence of teacher competence on student achievement. So it can be concluded that the proposed hypothesis can be accepted or it can be stated that H0 is rejected. The t value is (1.917> 1.664) if seen from the significance value (0.059> 0.05), it means that there is no significant environmental influence schools partially affect student achievement. The coefficient of determination is 0.751% or the joint influence of learning media (X1) and teacher competency (X2), and school environment (X3) on Y is 75.1%, while the rest is influenced by other factors such as school facilities, leadership principal, school environment, teacher competency and other variables.