SOSIALSISASI LABEL PRODUK ANGGOTA KOPERASI DI UMKM OMAH JAMU ARGOMULYO YOGYAKARTA

Penulis

  • Dina Mercu Buana Yogyakarta
  • Rochmad Bayu Utomo Mercu Buana Yogyakarta

Kata Kunci:

UMKM, Sosialisasi, Lebel Produk

Abstrak

Tujuan dalam Label pada kemasan produk untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang kandungan, manfaat, dan instruksi penggunaan produk. Namun, hal ini sering diabaikan oleh mayoritas pelaku usaha koperasi di UMKM omah jamu, padahal UMKM tersebut berada di sektor Minuman. Berdasarkan permasalahan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan dan memberikan pengetahuan tentang labeling pada kemasan. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan 3 tahap sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, dan tahap terkahir evaluasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah tercipta Label pada  kemasan produk jamu. Produk  yang sebelumnya belum mempunyai lebel, kini sudah mempunyai identitas produk Sehingga pengabdiaan selanjutnya perlu dilaksanakan pendampingan dalam pembuatan izin (PIRT) bagi pelaku usaha.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30