PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGALAMAN PENGGUNAAN QRIS DI UMKM DI KABUPATEN GORONTALO

Penulis

  • Windawati Piolla Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sultan Zaki Zulfari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nadila Afrianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nur Sasti Laki Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

QRIS, Bank Indonesia, Tingkat Kepuasan, Gorontalo

Abstrak

QRIS atau Quick Response Code Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia merupakan Langkah penting dalam mewujudkan digitalisasi keuangan sebagai respon terhadap tuntutan dari revolusi industri 5.0. QRIS mulai mendominasi pangsa pasar dan menarik banyak pihak terutama para pengusaha. Data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa pedagang hingga UMKM yang menyediakan layanan pembayaran menggunakan QRIS telah mencapai 15,67 juta pada bulan Februari 2022.  Penelitian ini bertujuan untuk menilai kebutuhan edukasi dalam pengembangan infrastruktur pembayaran non-tunai dan untuk menilai persepsi pengguna QRIS di UMKM Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu survei online, observasi, dan dokumentasi. Sebagian besar responden di Kabupaten Gorontalo mengatakan setuju bahwa pengembangan infrastruktur pembayaran non-tunai harus disertai dengan edukasi mengenai keuntungan dan cara penggunaan yang benar dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mayoritas setuju dengan adanya Kerjasama antara Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia dalam pengembangan QRIS.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30