PENERAPAN STRATEGI CONTENT MARKETING INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN MEMBANGUN BRAND LOYALTY PADA UKM IGA BAKAR MAS GIRI BANDUNG

Penulis

  • Kanaya Saffanah Mutiara Mulyadi Universitas Padjadjaran
  • Muhammad Syahmi Auffaruqy Yusuf Universitas Padjadjaran

Kata Kunci:

Social Media Marketing, TikTok, Instagram, Content Marketing, Iga Bakar Mas GiriBrand Awareness, Brand Loyalty

Abstrak

Penelitian ini merupakan implementasi dari strategi content marketing pada media sosial Instagram dan TikTok Iga Bakar Mas Giri dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness dan membangun brand loyalty. Iga Bakar Mas Giri merupakan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bergerak di bidang industri kuliner (food and beverage). Fokus utama proyek adalah pada membuat rancangan yang sistematis untuk memproduksi konten interaktif yang menarik dan sesuai dengan preferensi target audiens sebagai bagian dari upaya untuk membangun hubungan yang erat dengan mereka. Penelitian ini mencakup adaptasi konten dengan kebutuhan dan preferensi target audiens dalam memperkuat kedekatan merek dengan konsumen, konsisten dalam menggunakan fitur ads, optimalisasi social media marketing, serta memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk merancang strategi yang efektif guna mencapai tujuan pemasaran. Metode yang digunakan pada project ini dengan menggunakan pendekatan unique selling proposition, marketing mix, perceptual map, empathy map, content calendar, dan content pillar. Hasilnya penulis berhasil meningkatkan brand awareness sampai tahap brand recognition, meningkatkan jumlah likes, dan followers di Instagram dan TikTok.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30