UPAYA MEMBANGUN CITRA SEKTOR PELAYANAN PUBLIK MELALUI PENINGKATAN PROFESIONALISME APARATUR PEMERINTAH

Penulis

  • Eviana Liswardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Kusuma Chandra Kirana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Kata Kunci:

good governance, profesionalisme, pelayanan publik

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profesionalisme aparatur pemerintah terhadap citra sektor pelayanan publik. Variabel  dalam penelitian ini adalah profesionalisme aparatur pemerintah sebagai variabel independet dan citra sektor pelayanan publik sebagai variabel dependet. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data secara deskriptif  kuantitatif  dengan sampel sebanyak 50 orang. Hasil olah data regresi linier sederhana  dengan SPSS menunjukkan bahwa bahwa nilai (Constant) adalah 12.915,  Profesionalisme Kerja (X) (0.749),  yang mengandung arti bahwa tanpa adanya variabel profesionalisme kerja maka nilai kualits pelayanan publik adalah 12,915, dan nilai koefisien regresi variabel Profesionalisme Kerja (X) bernilai 0.749 mengandung arti bahwa apabila ada peningkatan Profesionalisme Kerja (X) sebesar 1%  maka kinerja pegawai akan meningkat 0.749 dengan asumsi variabel lain bernilai konstan. Selanjutnyua nilai t hitung untuk variabel Profesionalisme Kerja (X) sebesar 17.365 dan nilai t tabel sebesar 1.677 maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel  serta  nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah variabel profesionalisme kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30