PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET DALAM SEBUAH EVENT (STUDI KASUS PADA EVENT KONSER PEMAIN RASA)
Kata Kunci:
Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstrak
Setelah ditunda selama lebih dari 2 tahun akibat pandemi, konser musik di dunia khususnya di Indonesia, akhirnya diadakan kembali. Salah satunya, event Konser Pemain Rasa yang diadakan oleh Presisi Entertainment. Dalam konser musik, terdapat tiket yang menjadi sebuah tanda agar bisa memasuki suatu event. Perusahaan harus bisa mematok harga tiket yang sesuai agar event tersebut mencapai target pengunjung yang hadir dan membeli tiket. Harga merupakan senilai uang untuk menukarkan menjadi sebuah barang atau jasa yang ingin dibeli. Promosi merupakan alat ukur penting bagi perusahaan untuk mengetahui apakah mereka berhasil menarik minat konsumen atau tidak. Selera konsumen pada suatu produk cenderung berubah sehingga harus menyesuaikan perubahan tersebut. Promosi yang dilakukan harus efektif agar dapat meningkatkan penjualan dari harga tiket yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembeliat tiket pada event Konser Pemain Rasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden dari pengunjung event Konser Pemain Rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembeliat tiket pada event Konser Pemain Rasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden dari pengunjung event Konser Pemain Rasa. Analisis pengolahan data dilakukan menggunakan program SPSS dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 8,866 dan signifikansi 0,000, (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 4,643 dan signifikansi 0,000, (3) secara simultan harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung 94,403 dan signifikansi 0,000, dan (4) hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,742 yang berarti bahwa 74% keputusan pembelian yang dilakukan pengunjung event Konser Pemain Rasa berpengaruh positif dan signifikan oleh harga dan promosi, sementara sisanya sebesar 26% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.