PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS DI PT. MANDALA MULTI FINANCE, TBK CABANG LUBUKLINGGAU)
Kata Kunci:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Kepuasan KonsumenAbstrak
Masalah pada penelitian ini adalah kualitas produk, dimana masih kurangnya inovasi produk, daya tarik produk, masih kurangnya informasi fitur karakteristik dan kesan kualitas produk yang dipasarkan. Kemudian kualitas pelayanan, masih kurangnya kehandalan dan ketanggapan dalam melayani atas keiginan konsumen. Keputusan pembelian, masih kurangnya penyampaian informasi mengenai harga, masih kurang strategi dalam pemasaran serta keraguan konsumen dalam hal menyangkut ketepatan keputusan pembelian. Selanjutnya kepuasan konsumen, belum maksimalnya pelayanan kepada kosumen, masih kurangnya komentar konsumen atas produk, dan masih kurangnya perhatian terhadap produk dalam mempromosikan penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusn Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di PT. Mandala Multi Finance, Tbk Cabang Lubuklinggau). Dalam penelitian ini digunakan metode kuisioner empat item variabel yaitu variabel Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Keputusan Pembelian (Y) dan Kepuasan Konsumen (I). Tekhnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi (R2), dan Uji F. Dari hasil Analisi Regresi Berganda diperoleh persamaan Ŷ = 4,754 + 0,101 X1 + 0,823 X2. Selanjutnya dari analisis diperoleh nilai Rsquare (R2) sebesar 0,918 atau 91,8%. Nilai tersebut memberi pengertian bahwa Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) memberikan sumbangan pengaruh besar 91,8% terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan sisanya sebesar 8,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil perhitungan Anova (Uji F), terlihat bahwa nilai Fhitung adalah sebesar 219,193 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan Ftabel dengan α=5% dan (n-k-1) atau (42-2-1) = 39. Serta pembilang (k-2) adalah sebesar 3,238. Fhitung (219,193) > Ftabel (3,238), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian.