KUALITAS PELAYANAN ROOM SERVICE OLEH WAITERS DI HOTEL BENTANI & RESIDENCE CIREBON LAPORAN TUGAS AKHIR

Penulis

  • Aeshya Rahma Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
  • Guntoro Universitas 17 Agustus 1945
  • Aos Universitas 17 Agustus 1945

Kata Kunci:

kualitas pelayanan, pelayanan kamar, perhotelan, Hotel Bentani & Residence, Cirebon

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas layanan kamar yang diberikan oleh pelayan di Hotel Bentani & Residence di Cirebon dan untuk mengidentifikasi tantangan umum yang dihadapi oleh pelayan selama pemberian layanan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengukuran skala interval, penelitian ini mengevaluasi berbagai aspek layanan kamar untuk menentukan area yang perlu ditingkatkan. Temuan utama menunjukkan bahwa kualitas layanan kamar secara keseluruhan kurang optimal, terutama dalam hal pelaksanaan layanan dan ketersediaan peralatan yang diperlukan. Data yang dikumpulkan dari survei tamu menyoroti kekurangan spesifik dalam responsivitas dan perhatian terhadap detail, yang berkontribusi pada pengalaman tamu yang kurang memuaskan. Selain itu, pelayan sering menghadapi masalah yang berkaitan dengan sumber daya yang tidak memadai dan hambatan komunikasi dengan departemen hotel lainnya, yang selanjutnya berdampak pada kualitas layanan. Hasilnya menunjukkan bahwa meningkatkan pelatihan pelayan, meningkatkan ketersediaan peralatan, dan membina komunikasi antar-departemen yang lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30