PERANAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI
Kata Kunci:
Strategi, Pemasaran, Konsumen, Penjualan, PerananAbstrak
Penjualan produk merupakan kegiatan kunci dalam sebuah bisnis yang melibatkan proses pemasaran, promosi, dan transaksi untuk memasarkan barang atau jasa kepada konsumen. Pendekatan penjualan produk meliputi strategi penentuan harga, distribusi, serta upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Keberhasilan penjualan produk sangat ditentukan oleh pemahaman mendalam terhadap pasar, segmentasi, target pasar dan positioning dalam merancang produk agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen, serta kualitas produk yang ditawarkan. Seiring dengan itu, upaya pengembangan hubungan jangka panjang dengan pelanggan juga menjadi fokus utama dalam menjaga keberlanjutan bisnis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatif. Kunci informasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Bintang Keramik Gunungsitoli telah melakukan strategi pemasaran sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan peningkatan penjualan. Strategi pemasaran yang diterapkan adalah segmentasi pasar yaitu pemetaan target pasar, targeting yaitu menentukan siapa saja yang menjadi target pasar dan positioning yaitu perusahaan menyediakan produk yang dapat menarik konsumen atau pelanggan agar konsumen atau pelanggan memiliki kesan tertarik pada produk yang dipasarkan dan dijual. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi konsumen atau pelanggan membuat penjualan produk pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli semakin meningkat. Tidak hanya itu, konsumen atau pelanggan juga semakin bertambah sehingga target penjualan yang diharapkan tercapai.
Product sales are a key activity in a business that involves marketing, promotion and transaction processes to market goods or services to consumers. The product sales approach includes pricing strategies, distribution, and efforts to meet market needs and desires. The success of product sales is determined by a deep understanding of the market, segmentation, target market and positioning in designing the product so that it can create a certain impression in the minds of consumers, as well as the quality of the product offered. Along with that, efforts to develop long-term relationships with customers are also the main focus in maintaining business sustainability. The aim of this research is to find out the role of marketing strategies to increase sales at CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. The approach used in this research is descriptive, using qualitative methods. The key information in this research is the employees at CV. Bintang Keramik Gunungsitoli are 10 people. The research results show that CV. Bintang Keramik Gunungsitoli has implemented a marketing strategy as an effort to increase growth and increase sales. The marketing strategy implemented is market segmentation, namely mapping the target market, targeting, namely determining who is the target market and positioning, namely the company provides products that can attract consumers or customers so that consumers or customers have the impression of being interested in the products being marketed and sold. By implementing marketing strategies that suit the situation and conditions of consumers or customers, product sales on CV. Bintang Keramik Gunungsitoli is increasing. Not only that, consumers or customers are also increasing so that the expected sales targets are achieved.