ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PADA KLINIK PRATAMA ATHALLAH DENGAN PENDEKATANN METODE BALANCED SCORECARD

Penulis

  • Muhamad Haikal Zibran universitas djuanda
  • ade budi setiawan universitas djuanda
  • Maria Magdalena Melani universitas djuanda

Kata Kunci:

Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Klinik Pratama

Abstrak

Pengukuran kinerja pada suatu jenis usaha pelayanan kesehatan selalu diukur hanya dengan keuangan saja termasuk pada Klinik Pratama Athallah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kinerja pada Klinik Pratama Athallah dengan pendekatan metode Balanced Scorecard yang terdiri dari empat perspektif, yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan dengan pendekatan komparatif yaitu dengan membandingkan antara pengukuran kinerja yang dilakukan pihak Klinik Pratama dengan pengukuran kinerja berdasarkan Balanced Scorecard yang dinyatakan dengan skor total. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Klinik Pratama Athallah dapat menerapkan suatu metode yang berimbang yaitu metode Balanced Scorecard, karena hasil pengukuran kinerja menggunakan pendekatan Balanced Scorecard periode 2 tahun membuktikan hasil yang “Cukup Baik”.

Performance measurement in all types of health service companies, including Pratama Athallah Clinic, is always measured from a financial perspective only. This research uses quantitative descriptive methods. The aim of this research is to assess the performance of the Athallah Pratama Clinic using the Balanced Scorecard methodology approach which consists of four perspectives, namely: Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process Perspective, and Growth and Learning Perspective. Data analysis was carried out using a comparative approach. In other words, it is done by comparing the performance measurements carried out by Pratama Clinic with performance measurements based on the Balanced Scorecard which is expressed in total scores. The research results showed that the performance of the Atalar Pratama Clinic was able to adopt a balanced method, namely the Balanced Scorecard method. After measuring performance using the Balanced Scorecard approach over a period of two years, the results were proven to be "quite good".

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30