PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI TERHADAPS PEMASARAN UMKM SNACAKES DI CIKARANG BARAT

Penulis

  • Bagus Panca Dinaka Universitas Pelita Bangsa
  • Ulinnuha Universitas Pelita Bangsa
  • Najwa Kallista Dinanty Universitas Pelita Bangsa
  • Sherly Rahmawati Universitas Pelita Bangsa
  • Nabila Syifa Aulia Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Media Sosial, tekonologi, UMKM, Pemasaran

Abstrak

Pada zaman digital saat ini, kemudahan untuk mengakses sebuah informasi secara cepat dan akurat dalam memberikan akses pemasaran secara kreatif dan inovatif yang memberikan dampak pengaruh terhadap pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berjalannya waktu perkembangan media sosial dan teknologi yang radikal mengubah pemikiran mengenai tranformasi pemasaran tradisional ke pemasaran digital yang dimana media sosial dan teknologi telah menjadi pilar utama dalam strategi pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemasaran melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan E-commerce seperti ShopeeFood, dan Grabfood, antara lain, memungkinkan bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempromosikan produk mereka dengan biaya yang rendah. Studi ini menunjukkan bahwa UMKM yang aktif memanfaatkan media sosial dan teknologi dapat meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pelanggan dan akhirnya meningkatkan penjualan dan keuntungan. Penggunaan teknologi digital dan strategi pemasaran media sosial memberikan keunggulan kompetitif dengan memungkinkan interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan. Dengan demikian, penggunaan media sosial dan teknologi memainkan peran penting dalam keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di zaman digital.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30