PENGEMBANGAN PROFESIONALISME DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA (MI-NU) II WARU SIDOARJO

Penulis

  • Windi Ika Elfiya Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Tiara Kusuma Waty Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Misbachul Munir Universitas Sunan Giri Surabaya

Kata Kunci:

Profesionalisme, Performance, teacher

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan peran profesionalisme guru sebagai upaya meningkatkan kinerja guru. Isi dari penelitian ini ditulis berdasarkan penelitian yang membahas tentang profesionalisme guru dan peningkatan kinerja guru. Hasil studi literatur dapat diringkas sebagai berikut 1). Pogram pengembangan profesional guru merupakan suatu proses kegiatan dalam rangka mengembangkan kemampuan proesional guru agar sesuai dengan kebutuhan tuntutan standar pendidikan dan pengajaran. 2) kinerja guru adalah kemampuan guru dalam menunjukkan keterampilan atau kompetensinya dalam dunia kerja nyata, 3) pengembangan profesionalisme guru berkaitan dengan kinerja guru, jika guru mempunyai profesionalisme yang tinggi maka akan tercapai tugasnya dengan kemampuan tinggi dan motivasi tinggi.

This research aims to improve. The aim of this research is to explain the role of teacher professionalism as an effort to improve teacher performance. The contents of this research were written based on research discussing teacher professionalism and improving teacher performance. The results of the literature study can be summarized as follows 1). The teacher professional development program is a process of activities in order to develop teachers' professional abilities to suit the needs of educational and teaching standards. 2) teacher performance is the teacher's ability to demonstrate their skills or competencies in the real world of work, 3) the development of teacher professionalism is related to teacher performance, if teachers have high professionalism they will achieve their duties with high ability and high motivation.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30