ANALISIS ANGGARAN PRODUKSI DAN ANGGARAN PENJUALAN TERHADAP RENCANA PENJUALAN UMKM PISANG GORENG TANDUK CRISPY DAN MENDOAN BUDHE DI SUKATANI
Kata Kunci:
UMKM, Pisang Goreng Tanduk Crispy, Mendoan Budhe, Anggaran Produksi, Anggaran PenjualanAbstrak
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu kegiatan yang dapat menggerakkan perekonomian bagi negara. Dalam menjalankan usaha, UMKM memiliki tujuan yaitu untuk memperoleh keuntungan sebesar – besarnya. UMKM yang akan diteliti adalah UMKM PISANG GORENG TANDUK CRISPY DAN MENDOAN BUDHE. Pada umumnya UMKM yang masih sederhana, tidak memiliki pencatatan mengenai anggaran produksi dan anggaran penjualan yang baik. UMKM sederhana nya hanya memanfaatkan ingatan dan hanya menggunakan catatan sederhana mengenai perbelanjaan untuk menjalankan bisnisnya. Hal ini menyebabkan perputaran modal yang tidak terdokumentasi dengan baik. Kegiatan ini menggunakan metode interview dengan pemilik UMKM untuk mendapatkan rincian anggaran produksi. Hal selanjutnya adalah anggaran penjualan pada UMKM sederhana pun tidak terdokumentasi dengan baik. Anggaran penjualan sangat penting dilakukan untuk mengurangi ketidakpastian tentang pendapatan dimasa mendatang. Jika tidak memiliki anggaran penjualan, maka UMKM tidak memiliki target penjualan yang akan dicapai. Pencatatan anggaran penjualan dilakukan dengan menggunakan metode least square agar mempermudah penyusunan rencana penjualan yang konkrit, untuk menjamin kelancaran UMKM.