PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN RISIKO BISNIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2022
Kata Kunci:
Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Risiko Bisnis, Struktur Modal, Profitability, Sales Growth, Business Risk, Capital StructureAbstrak
Fokus penelitian ini adalah dalam rangka mengkaji ada tidaknya pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan risiko bisnis terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel, menghasilkan 49 dari total populasi 51 perusahaan. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Studi ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan profitabilitas terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan dan risiko bisnis tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap strutkur modal.
Fokus penelitian ini adalah dalam rangka mengkaji ada tidaknya pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan risiko bisnis terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel, menghasilkan 49 dari total populasi 51 perusahaan. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Studi ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan profitabilitas terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan dan risiko bisnis tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap strutkur modal.