ANALISIS PENERAPAN INOVASI LAYANAN ONLINE TERHADAP KINERJA OPERATOR PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Penulis

  • Tries Wulan Bunga Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Layanan Inovasi Online, Kinerja operator

Abstrak

Abstrak Penelitian ini membahas tentang Analisis penerapan Inovasi Layanan Online terhadap Kinerja Operator pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat. Tujuan penelitian ini terdiri atas; 1.Untuk menjelaskan inovasi online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat, 2.Untuk menjelaskan dampak Inovasi Layanan Online terhadap Kinerja Operator pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat, 3. Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat Inovasi Layanan Online terhadap kinerja operator pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat. Metode Penelitian yang digunakan desain penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). “Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar ilmiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Jumlah informan yang digunakan sebanyak 2 orang yaitu Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis penerapan inovasi layanan online terhadap kinerja operator pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat  bahwa Inovasi layanan online sangat membantu operator dalam melaksanakan kewajibannya melayani masyarakat dalam pengurusan dokumen adminduk namun perlunya dukungan baik itu dari organisasi maupun dari pimpinan agar dapat memperhatikan kesejahteraan operator agar kinerja operator dapat meningkat sehingga secara otomatis meningkat pula pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga dapat simpulkan bahwa penerapan inovasi online sangat membantu operator karena operator dapat lebih cepat menyelesaikan dokumen pengajuan masyarakat melalui aplikasi online sehingga secara otomatis kinerja operator pun meningkat dan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat kemudian perlunya penambahan operator seiring dengan bertambahnya stakeholder dan penambahan fasilitas jaringan internet yang dengan kecepatan tinggi serta kapasitas besar  sehingga dapat mengakses inovasi  layanan online dengan cepat.

Abstract − This research discusses the analysis of the application of online service innovation to operator performance at the West Sumbawa Regency Population and Civil Registration Service. The objectives of this research consist of; 1. To explain the application of online innovation at the West Sumbawa Regency Population and Civil Registration Service, 2. To explain the impact of implementing Online Service Innovation on Operator Performance at the West Sumbawa Regency Population and Civil Registration Service, 3. To explain the supporting and inhibiting factors for Online Service Innovation on the performance of operators at the West Sumbawa Regency Population and Civil Registration Service.

The research method used in this research design is a qualitative approach (qualitative research). "Qualitative research is research that uses a scientific background, with the aim of interpreting phenomena that occur and is carried out by involving various existing methods. The number of informants used was 2 people, namely the Head of the Data Utilization and Service Innovation Division and the Head of the West Sumbawa Regency Population and Civil Registration Service. Data collection procedures use interviews and documentation. Data analysis uses qualitative descriptive analysis.

The results of the analysis of the application of online service innovation to the performance of operators at the Population and Civil Registration Service of West Sumbawa Regency show that online service innovation really helps operators in carrying out their obligations to serve the community in managing population administration documents, but it requires support from both the organization and the leadership so that they can pay attention to the operator's welfare so that Operator performance can increase so that service to the community will automatically improve.

So it can be concluded that the application of online innovation really helps operators because operators can more quickly complete community submission documents through online applications so that automatically operator performance increases and can provide excellent service to the people of West Sumbawa Regency. Then the need for additional operators is in line with the increase in stakeholders and additional internet network facilities with high speed and large capacity so that you can access innovative online services quickly.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31