PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CLASSIC BARBERSHOP MENTENG RAYA

Penulis

  • Enjel Zetta Rikardo Nababan Universitas Negeri Medan
  • Agus Rahmadsyah Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan,, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Classic Barbershop Menteng Raya. Dengan sampel sebanyak 100 orang pelanggan, penelitian ini mengadopsi metode deskriptif untuk mengumpulkan data mengenai persepsi pelanggan terhadap aspek kualitas pelayanan yang meliputi keterampilan barber, keramahan, serta kecepatan layanan, serta fasilitas yang mencakup kebersihan, kenyamanan, dan kelengkapan peralatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas pelayanan maupun fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, denganĀ  nilai sig 0,001< 0,05 dan Fhiturng > Ftaberl yaitur 75,339 > 3,09 maka Ho ditolak dan Ha diterrima, H3 diterrima. Olerh karerna itur, dapat disimpurlkan bahwa kuralitas perlayanan dan fasilitas berrperngarurh sercara simurltan terrhadap kerpurasan perlanggan Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pemilik Classic Barbershop untuk fokus pada peningkatan kualitas pelayanan dan pemeliharaan fasilitas guna meningkatkan dan memperkuat kepuasn pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31