PENGARUH STRATEGI BERSAING DAN MARKETING TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG TELUR DI PASAR SENTRAL KOTA PALOPO
Kata Kunci:
Bersaing, Marketing, PendapatanAbstrak
Abstrak − Latar belakang: Strategi persaingan adalah mengembangkan rencana mengenai bagaimana bisnis akan bersaing, apa yang seharusnya menjadi tujuannya dan kebijakan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan Mengetahui strategi bersaing para pedagang telur dipasar sentral Kota Palopo terhadap pendapatannya. Metode: Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Menurut Sugiyono (2020: 16) metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil: Berdasarkan dari hasil uji t (parsial) yang dilakukan, bahwa Strategi Bersaing (X1) menghasilkan t-statistik 0.811979 < t-tabel 1.07562, ini membuktikan bahwa variabel Strategi Bersaing (X1) mempunyai pengaruh terhadap variabel Kinerja Pendapatan (Y). Dalam penelitian ini indikator yang digunakan yaitu kepemimpinan biaya, diferensiasi dan fokus.Kesimpulan: Secara parsial Strategi Bersaing kurang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pendapatan.