ANALISIS STRATEGI MARKETING TERHADAP PENJUALAN KOPI TORAJA DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN DI PASAR SENTRAL KOTA PALOPO

Penulis

  • Andi Iqlima Universitas Mega Buana Palopo
  • Arianto Dangkeng Universitas Mega Buana Palopo
  • Hardianti Pertiwi Universitas Mega Buana Palopo

Kata Kunci:

Strategi, Marketing, Menarik Minat Pelanggan

Abstrak

Minum kopi telah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia terutama di kota Palopo, tidak hanya sekedar minum kopi saja, tetapi biasanya minuman kopi juga disajikan pada tempat dan kegiatan-kegiatan tertentu, seperti pertemuan dengan klien, tempat nongkrong bagi anak muda dan di tempat sosialisasi lainnya. Saat ini persaingan bisnis penjualan kopi semakin meningkat dari tahun ke tahun yang mengharuskan pihak manajemen untuk menyiapkan alternatif strategi marketing dalam menarik minat pelanggan, oleh karena itu diperlukan hubungan strategi dan penjualan menjadi penting dalam dunia bisnis, karena pada hakikatnya hubungan ini merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah perusahaan guna mencapai target pemasaran terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi penjualan sangat diperlukan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis di pasar. Untuk mencari informasi tentang analisis strategi marketing terhadap penjualan kopi toraja dalam menarik minat pelanggan di pasar sentral kota Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil Penjual kopi toraja melakukan strategi langsung seperti menawarkan member card dan promo-promo menarik, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat pelanggan untuk datang dan juga menarik minat beli pelanggan baru. Hubungan pihak penjual kopi toraja dengan konsumen dan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan nama dan citra yang baik dan juga dalam mendapatkan kepercayaan konsumen. Semua penjual kopi toraja di pasar sentral kota palopo selalu menjaga kualitas pelayanan, kuantitas produk, meningkatkan promosi, memperbaiki sistem manajemen penjualan, menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29