ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK HUKUM, ASPEK PEMASARAN, DAN ASPEK KEUANGAN PADA JELITA SNACK DI CIKARANG TIMUR, KABUPATEN BEKASI
Kata Kunci:
Kelayakan Bisnis, Umkm, PendapatanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis ini untuk UKM dan fakta bahwa Jelita Snack termasuk di antara yang memiliki potensi kuat untuk pengembangan UMKM di masa depan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan bisnis UMKM Jelita Snack di Cikarang Timur melalui aspek hukum, pemasaran, dan keuangan. Jelita Snack telah memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB), memasarkan produk utamanya, Gabin Tape dan Gabin ubi Ungu, melalui 30 warung lokal. Dengan penghasilan Rp. 1.200.00 dan modal pengeluaran bahan baku sebesar Rp848.000, Jelita Snack mampu menghasilkan keuntungan stabil, yaitu Rp704.000 setiap dua hari sekali, menunjukkan prospek keberhasilan bisnis yang kuat di pasar lokal.