PENGARUH INOVASI, PEMASARAN DIGITAL DAN ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM SOUVENIR DI YOGYAKARTA

Penulis

  • Lorina Bria Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Audita Nuvriasari Universitas Mercubuana Yogyakarta

Kata Kunci:

Inovasi, Digital Marketing, Kinerja Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Inovasi, Digital Marketing, dan Entrepreneurial Marketing pada Kinerja Bisnis UMKM Souvenir di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil Uji Instrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Pada Uji Asumsi Klasik dinyatakan bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan menghasilkan model regresi yang bebas dari multikolinearitas dan heterokedastisitas. Hasil penelitian iniĀ  membuktikan bahwa: (1) Inovasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Bisnis UMKM Souvenir di Yogyakata. (2) Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Bisnis UMKM Souvenir di Yogyakarta. (3) Entrepreneurial Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Bisnis UMKM Souvenir di Yogyakarta. (4) Inovasi, Digital Marketing, dan Entrepreneurial Marketing secara stimulan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Bisnis UMKM Souvenir di Yogyakarta.

This study aims to analyze the role of Innovation, Digital Marketing, and Entrepreneurial Marketing on the Business Performance of MSMEs Souvenirs in Yogyakarta. The sample in this research was 50 respondents. The sampling technique uses a non-probability sampling method with the research instrument used is a questionnaire. The results of the instrument test stated that the data in this study was proven to be valid and reliable. The Classical Assumption Test states that the data in this study is normally distributed and produces a regression model that is free from multicollinearity and heteroscedasticity. The results of this research prove that: (1) Innovation does not have a significant effect on the Business Performance of MSMEs Souvenirs in Yogyakata. (2) Digital Marketing has a positive and significant effect on the Business Performance of MSMEs Souvenirs in Yogyakarta. (3) Entrepreneurial Marketing does not have a significant effect on the Business Performance of UMKM Souvenirs in Yogyakarta. (4) Innovation, Digital Marketing and Entrepreneurial Marketing have a significant influence on the performance of the MSMEs Souvenir Business in Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29